Tuesday, March 04, 2008

Al-Qurán Online


memang di jaman yang serba canggih dan instant ini, melakukan semua hal yang tadinya akan terasa sulit akan terasa lebih mudah. dengan kecanggihan teknologi dan informasi, segala sesuatu yang tadinya tidak mungkin, bisa dimungkinkan. dapat kita lihat bersama, kemajuan dalam berbagai bidang membawa keuntungan lebih bagi umat manusia untuk menjalankan segala aktivitasnya.

perkembangan dunia IT ini juga ternyata membawa kemudahan dalam hal menjalankan ibadah. misalny saja pada, sering kita jumpai adanya Digital Alqurán yang memudahkan umat muslim membaca Al-qurán dimana saja. akan tetapi tentunya dibutuhkan portable devices khusus yang dapat menampilkan keseluruhan ayat-ayat suci Al-qurán. dan untuk mendapatkannya, diharuskan untuk membelinya di toko2 khusus yang menjualnya.

kemudian, bagaimana bagi mereka yang tidak mempunyai kelebihan rizki untuk memiliki portable digital Al-qurán tersebut?

memang, mereka dapat membawa kitab Suci Al-qurán setiap mereka bepergian. akan tetapi riskan jika kitab suci itu bertumpukan dengan dokumen-dokumean pekerjaan ataupun rentan tergencet sesuatu.

dan dengan kemajuan IT dan usaha pakar IT yang manaruh perhatian besar akan hal ini, terciptalah aplikasi Al-qurán yang dapat dibaca secara on-line di internet. cara membaca Al-qurán ini sama seperti saat membaca secara konvensional. dimana kita dapat membuka dan membalik halaman seperti membaca buku. yang berbeda hanyalah media bacanya. jika secara konvensional kita membaca langsung dari kitab suci Al-qurán, maka dengan Al-qurán on-line ini kita membaca dengan media internet. cukup dengan membuka situs www.quranflash.com/en/quranflash.html kita dapat membaca secara on-line dimanapun dan kapanpun, asalkan ada koneksi internet.

berikut ini adalah tampilan jika kita membaca AL-qurán melalui situs tersebut:



cukup dengan mendrag mouse kita maka halaman per halaman akan terbuka seperti saat kita membuka halaman dengan tangan. selain itu pula kita dapat menentukan background layar sesuai dengan keinginan kita. kita pun dapat memilih book type jikaingin membaca AL-qurán yang dilengkapi dengan referensi tajwid, tafsir, dan bahkan transliterasi bahasa Inggrisnya.

dan dengan aplikasi ini tentunya tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda membaca Al-qurán, meskipun sedang sibuk menjalani pekerjaan. sebab cukup dengan akses internet dengan komputer kita semua dapat memulainya.dan bukanlah hal yang sulit bukan mengingat hampir semua pegawai kantoran telah difasilitasi dengan komputer pribadi dan akses internet?

tergantung kapan kita mau memulainya. semua sudah terfasilitasi..


*) refleksi pemikiran diri sendiri...



3 comments:

***Marycha's Blog said...

tapi tetap saja ted....
malesnya masih aja suka nyerang.
perlu manajemen pengendalian diri.

nene said...

ta' tunggu kabar khatamannya trus syukurannya ya...
hehehe....

Dzinofa said...

Haaii.. lam kenal