Monday, March 03, 2008

Portable Devices With Portable Applications...what a perfect match!!

pada masa sekarang ini, setiap perangkat yang mempunyai titel portable maupun bersifat portable sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang mobile.karena dengan sesuau yang bersifat portable tersebut tentu akan sanagt memudahkan mobilitas mereka dalam menjalani segala aktivitasnya.

perangkat yang bersifat portable ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. sebagai contoh adalah USB Flash Drive atau sering kita sebut dengan flash disk. USB flash disk adalah salah satu bentuk perangkat portabel dengan fungsi sebagai media penyimpanan data. USB Flash Drives memiliki kelebihan bila dibandingkan media penyimpanan lain. keunggulannya adalah bentuknya yang mungil, kapasitas simpan file yang cukup besar dan desainnya yang menarik. selama ini mungkin baru USB Flash Drives yang merupakan media penyimpanan file yang sangat portabel karena bisa dimasukkan ke kantung saku baju atau celana, dan bahkan bisa digantungkan di leher layaknya sebuah kalung. selain itu kegunaan USB Flash Drives pun bermacam-macam. sekarang bukanlah hal yang sulit untuk menemukan USB Flash Drives yang berfungsi ganda, yaitu selain sebagai media penyimpanan data portabel, juga sebagai pemutar musik Digital.

perangkat portabel lainnya yang cukup menyita perhatian adalah Hard Disk Drive Portabel. HDD Portabel ini memang masih kalah portabel bial dibandingkan dengan USB Flash Drives, akan tetapi kapasitas penyimpanannya jauh melebih i USB Flash Drives dimana ada yang mencapai 1 Terrabyte, sedangkan USB Flash Disk sejauh ini kapasitas terbesarnya baru mencapai 4 Gigabyte.

tentunya apakah itu portabe atau tidak, tergantung dari user yang menggunakannya dan tergantung pula kebutuhan. bagi yang memang membutuhkan daya tampung file yang lebih besar tentu dominan memilih HPP portabel, akan tetapi bagi yang tidak mau direpotkan membawa HDD portabel seukuran 2.5" sekaligus mendengarkan musik tentunya dapat memilih USB Flash Drive.

terlepas dari perangkat portabel diatas, ternyata selain perangkat portabel, terdapat juga aplikasi yang bersifat portabel. aplikasi portabel ini dapat didownload gratis dari internet karena merupakan aplikasi yang bersifat open source. aplikasi portabel inipun bermacam-macam jenisnya. ada yang berfungsi sebagai aplikasi kantoran (open office portable). ada yang berfungsi sebagai web browser (mozilla firefox portable). aplikasi internet messaging portable (Gaim portable).antivirus portable (clamwin portable).e-mail client portable (mozilla thunderbird portable).PDF (sumatra portable). dan masih banyak jenis lainnya.

dengan adanya software portabel ini, terutama web browser portabelny, akan memudahkan browsing internet dimanapun, dengan personalisasi kita sendiri yang tentunya akan merepotkan jika kita menggunakan web browser bawaan komputer. dengan mozilla firefox portabel ini kita dapat mengatur sendiri bookmarks yang kita inginkan, sehingga kita tidak perlu mencari lagi apabial menggunakan web browser bawaan komputer.segala macam settingan yang memudahkan kita dapat kita lakukan dengan aplikasi portabel ini. mulai dari mengedit dokumen (open office portable), membuat file PDF (sumatra PDF portable), chatting dan hal-hal menarik lainnya.

tentunya dengan semakin banyak nya perangkat yang bersifat portabel maka akan semakin memudahkan kita semua dalam menjalani aktivitas sehari-hari, dimanapun dan kapanpun, tentunya dengan asumsi adanya akses internet.

untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi portabel ini dapat mengunjungi situs:
www.portableapps.com

di situs tersebut kita dapat mendownload apliaksi portabel sesuai dengan kebutuhan kita.
dalam situs tersebut ada 4 versi aplikasi portabel:

1. standard edition (mencakup web browser portabel, aplikaso office portabel, email client portabel, antivirus portabel, game portabel, IM portabel, dll.ukuran file download 89.5 Mb dan aplikasi portabel ini dapat berjalan dengan lancar pada Drive portabel dengan kapasita sminimal 512 Mb.

2. lite edition, yang mencakup aplikasi portabel penting yang dibutuhkan. ukuran file sebesar 30.4 Mb. aplikasi ini dapat berjalan lancar melalui Drive portabel dengan kapasitas minimal 256 Mb.

3. Base edition yang diperuntukkan untuk Drive portabel dengan kapasitas kecil atau kurang dari 256 Mb.ukuran download lebih kurang sebesar 1 Mb saja.

dan yang tentu saja menyenangkan adalah, bahwa semua itu dapat kita download dengan gratis!


3 comments:

***Marycha's Blog said...

Pusing ted...
Kayaknya bukan bidangku
he..he...

nene said...

idem ma icha.
tapi gini aja, dikau donloadin semua, trus tar kirimin ke aku ya, wekekeke...

eskopidantipi said...

if you goes mobile, you'll gonna need it..