Tuesday, April 29, 2008

Kasus Melulu

Duh, Indonesia makin parah aja ya, dari segala sisi kayaknya banyak banget pemberitaan di media yang bikin kita nyinyir melihatnya. Mulai dari dampak kebijakan pemerintah mengenai konversi minyak tanah ke gas yang hingga kini pun belum selesai, malah diperparah dengan menghilangnya minyak tanah di pasaran dan langkanya tabung gas LPG, hingga kasus yang sedang hot-hotnya yaitu mengenai tertangkapnya anggota DPR di hotel bersama seorang wanita yang bukan isterinya.

Indonesia benar-benar merupakan surga berita. Hingga kini pun semua kejadian menjadi berita. Mulai dari artis yang keseleo sampai kasus korupsi. Tiap hari kita bisa melihatnya di TV, tentunya dengan berbagai versi yang hampir sama (kalau tidak mau dikatakan berbeda).

Salah satu berita yang sedang menjadi topik hangat adalah kasus tertangkapnya anggota DPR Al-Amin Nur Nasution yang dituduh menerima suap bersama seorang wanita yang diduga PSK. Yang menarik dari kasus ini adalah multi berita, dimana media bisa memberitakan dari berbagai sisi. Dari satu kasus tersebut, pemberitaan di media bisa merembet mulai dari berita mengenai korupsi hingga berita selingkuh. Hal ini karena selain sebagai salah satu anggota DPR, Al-amin juga adalah suami dari pendangdut papan atas, Kristina. Yang tentunya dengan posisi seperti ini, membuka celah bagi media infotainment (kalau gak mau dibilang media gossip) melalui sisi Kristinanya. Terlebih lagi dikaitkan dengan keberadaan wanita lain yang ikut ditangkap bersama suaminya. Entah itu menyoroti sisi kewanitaan Kristina yang merasa dikhianati suami maupun mengorek info tentang Wanita misterius tersebut.

Hebatnya media di Indonesia memang patut diacungi jempol, dari satu kasus yang dijadikan berita utama bisa berkembang menjadi berita lain. Dari berita korupsi bisa berkembang hingga meluas ke berita perselingkuhan maupun berita sosial mengenai mahasiswa 'plus-plus'yang biasa di bawa om-om berduit seperi dapat dibaca di sini.

Memang sih tanpa berita, tanpa kasus, hidup kita bakalan lebih bosen lagi. Apalagi kalo tiap menonton TV cuma dihadapkan sama sinetron yang menjual mimpi indah saja tanpa menjelaskan bagaimana realitas sebenarnya. Bisa-bisa generasi muda kita tidak tumbuh dengan pikiran kritis, tapi malah penuh dengan mimpi-mimpi tanpa aksi. Yah, paling gak dengan adanya berbagai macam kasus di TV, bisa membuka pikiran kita sejenak bahwa setiap manusia itu selalu punya masalah sendiri-sendiri tanpa pandang kaya-miskin, rakyat-anggota DPR. Semuanya manusia biasa yang sama di mata Tuhan. Tinggal bagaimana setiap orang menyadari aja kalo hidup di dunia ini ibarat menanam, dan ketika mati di akhirat nantilah tiba masa memanen hasilnya.

1 comments:

deburombak said...

lagi-lagi anggota DPR. Max moein diduga berfoto setengah bugil dengan desi sekretaris pribadinya. menurut pengakuan max: itu wajar soalnya fotonya wkt di kolam renang. Sedangkan pengaduan desi bahwa dia udah seringkali dipaksa untuk melakukan foto2 bugil. Yang bener yang mana? AU ah pusing!