Wednesday, April 30, 2008

May Day...mayday..mayday!

May Day? Apaan itu?
May Day kalo diartikan secara harafiahnya terdiri dari dua kata yaitu May dan Day. May artinya bulan Mei, dan Day artinya hari. jadi menurut penafsiran gua May Day itu adalah hari spesial yang jatuh tepat di bulan Mei, tepatnya tanggal 1 Mei. Nah, 1 Mei itu ternyata adalah Hari Buruh Sedunia. Jadi May Day = Hari Buruh Sedunia.

Dan May Day itu akan diperingati dengan mengadakan aksi, baik itu aksi turun ke jalan yang udah lumrah banget kita jumpai di Indonesia, khususnya di Jakarta, maupun dengan aksi damai yang dilakukan dengan tetap turun ke jalan tapi dengan menampilkan hiburan. Seperti kita ketahui nasib para buruh itu selalu berada di bawah perusahaan. Dan selama ini kesejahteraan buruh masih memprihatinkan. Adanya momen May Day ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyuarakan tuntutan agar hak mereka dapat diperoleh dengan layak. Sebab selama ini, hak buruh masih kurang diperhatikan baik oleh perusahaan maupun pemerintah.

Meskipun baru akan diperingati tanggal 1 Mei, tapi ternyata perayaan May Day ini dimulai sejak hari ini, 30 April. menurut pengamatan gua melalui Kompas.com bisa diketahui bahwa May Day ini akan diperingati secara serentak di 24 kota. Selain Jakarta, beberapa kota lain yang akan digoyang oleh massa buruh antara lain, Bandung dan Kota Garut. Kemudian akan dipusatkan juga di Kota Purwokerto, Wonosobo, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, Malang dan Jombang. Untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi akan dilakukan di Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Palu, Bulukumba, Donggala serta Kota Kendari.

Rencananya perayaan May Day ini akan diikuti oleh sekitar 20.000 buruh yangtergabung dalam Forum Aliansi Pekerja. Sedangkan dari pihak keamanan akan menurunkan sekitar 10.000 personel demi keamanan aksi tersebut. May Day tahun ini akan dipusatkan di Stadion Gelora Bung Karno Senayan yang diawali dengan long march menuju Gedung DPR/MPR dari arah Menara Jamsostek. Dalam aksi ini para buruh mempunyai tujuh tuntutan kepada pemerintah. Tuntutan tersebut antara lain: perlunya mengambil langkah hukum terhadap pelaku kriminalisasi terhadap kebebasan berserikat, menghapus sistem outsourcing dan pekerja kontrak. Forum Aliansi Pekerja juga menuntut ditetapkannya upah minimum yang layak sesuai kebutuhan hidup layak, membentuk peradilan perburuan yang mandiri sebagai pengganti PPHI, menindak tegas pengusaha yang tidak mengikutsertakan pekerjanya dalam program jamsostek, merubah Badan Penyelenggara Jamsostek dari BUMN menjadi wali amanah dengan melibatkan para pekerja, serta membentuk Badan Pengawas Ketenagakerjaan Nasional di bawah lembaga presiden.

Tuntutan ini muncul karena selama 10 tahun melakukan reformasi di bidang ketenagakerjaan, ternyata pemerintah belum mampu memberikan jawaban terhadap perlindungan dan peningkatan kesejahteraan bagi pekerja. Lemahnya pengawasan birokrasi disertai sistem peradilan perburuan yang mengalihkan penyelesaian perselisihan hubungan industrial dari pemerintah ke dalam sistem peradilan umum telah merugikan pekerja dan serikat pekerja.

Berkaitan dengan Perayaan May Day tersebut, menurut informasi Traffic Management Centre Polda Metro Jaya ada baiknya masyarakat pengguna kendaraan bermotor agar menghindari rute jalan sebagai berikut agar tidak terjebak kemacetan :

1.Kantor DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
2.Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat
3.Kantor Disnaker DKI Jakarta, Jalan Prapatan, Jakarta Pusat
4.Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat
5.Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat

Sebagai rakyat biasa yang juga termasuk golongan buruh negara, gua turut mendukung aksi ini sebab kesejahteraan buruh itu penting. Tanpa adanya perhatian terhadap buruh tentunya pihak perusahaan akan sulit berproduksi dan akhirnya akan menurunkan produksi nasional yang pada akhirnya pun berpengaruh terhadap stabilitas ekonomi negara. Sekecil apapun peranan buruh mempunyai peranan penting dalam roda perekonomian negara ini. Sudah barang tentu Pemerintah seharusnya mengambil langkah yang konkret dalam masalah perburuhan ini agar tidak berkepanjangan.

Dan yang pasti gua berharap dengan adanya aksi ini, jangan sampai timbuk aksi kerusuhan massal yang bisa memperparah keadaan. Aksi boleh aksi, asalkan damai dan tidak merugikan kepentingan pihak lain.

2 comments:

sofie said...

may day itu juga artinya help help help.

Buruh dan sejenisnya, jelas jelas dalam keadaan butuh pertolongan.

ya Gak?

tiex said...

Eh, iya sebenernya may day, may day itu artinya apa seh?secara harfiah, ataupun etimologi,...Ada yang thau kah?
Secara denger tapi ga tahu artinya,..weeqeqeqeq