Monday, June 09, 2008

Info Ujian Saringan Masuk STAN 2008/2009

Untuk dapat mendaftar Ujian Saringan Masuk (USM) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Sampai tulisan ini dimuat belum ada keputusan resmi mengenai syarat pendaftaran USM STAN untuk tahun akademik 2008 / 2009. Namun persyaratan ini pada umumnya dari tahun ke tahun umumnya relatif sama.

Berikut adalah persyaratan umum pendaftaran USM STAN pada tahun 2007 (tahun lalu):


1. Memiliki Surat Tanda Lulus [STL] atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional [SKHU], yang menyatakan telah lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari: 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.

2. Umur pada tanggal 1 September 2008 tidak lebih dari 21 tahun dihitung berdasarkan tanggal lahir yang tercantum di dalam ijazah/ijazah sementara/STL/SKHU.

3. Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika dan sejenisnya.

4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.

5. Khusus untuk Program Diploma Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
a. Hanya menerima laki-laki
b. Tinggi badan minimal 165 cm
c. Tidak buta warna
d. Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan aerobik yang pelaksanaannya dapat dilakukan di salah satu tempat berikut: Medan, Makassar, Balikpapan, dan Jakarta.

6. Menyetor biaya ujian saringan masuk sebesar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) ke nomor rekening yang ditentukan oleh keputusan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Bukti setor harus atas nama calon peserta ujian dan disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dll). Dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun,
b. Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran ditanggung peserta
Panitia tidak menerima bukti setor kolektif.

Mengenai info Agenda Pendaftaran Mahasiswa Baru t.a. 2008/2009 dapat dilihat disini.

Semoga bermanfaat.









0 comments: