Wednesday, June 11, 2008

Pengumuman Resmi USM STAN 2008/2009

Akhirnya setelah menunggu lama di tengah ketidakjelasan, berita mengenai USM STAN 2008 menjadi jelas. Sore ini ketika browsing-browsing intranet (not internet actually..) gua mendapatkan info resmi mengenai pendaftaran USM STAN 2008/2009. Dalam Surat resmi yang dikeluarkan kemarin (10 Juni 2008)dengan Nomor: PENG-004/PP/2008, terdapat perbedaan dengan penerimaan mahasiswa tahun-tahun sebelumnya.

Mulai penerimaan tahun ini, mahasiswa yang telah lulus pendidikan diharuskan mengikuti tes penerimaan PNS di Departemen Keuangan sebelum dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan departemen keuangan. Gak seperti dulu, ketika gua masih kuliah dan lulus dengan sempurna (halah) di tahun 2005, untuk menjadi CPNS Depkeu tidak harus melalui tes penerimaan PNS. Tapi sekarang mesti melalui tes dulu dan diharuskan lulus. Besar kemungkinan jika tidak lulus tes tersebut maka tidak dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Departemen Keuangan.

Untuk hal-hal lainnya masih sama dengan penerimaan tahun sebelumnya, terutama untuk syarat pendaftaran yang menuntut nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol). Kemudian umur maksimum saat mendaftar tidak boleh lebih dari 21 tahun, dalam pengertian yang lahir sebelum tanggal 1 September 1987 tidak diperkenankan mendaftar. Biaya pendaftaran pun masih sama, yaitu sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah). Untuk lokasi pendaftaran di Jakarta yaitu di Kampus STAN Bintaro, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang. Untuk tempat pendaftaran di kota lainnya dapat dilihat di lampiran yang dapat di download disini.

Pendaftaran dilaksanakan pada hari dan jam kerja pada tanggal 16 Juni s.d 4 Juli 2008. Formulir pendaftaran selain dapat diperoleh saat mendaftar langsung juga dapat didownload disini selain melalui situs www.depkeu.go.id, www.bppk.depkeu.go.id, dan www.stan.ac.id. Sedangkan Ujian akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Juli 2008. Waktu dan tempat ujian akan diumumkan saat mendaftar di tempat pendaftaran. Materi Ujian meliputi Tes Kemampuan Umum, tes Bahasa Indonesia, dan Tes Bahasa Inggris. Jadi gak perlu pinter Matematika maupun akuntansi untuk bisa menjawab soal. Yang penting latihan mengerjakan soal , karena dengan banyak latihan tentunya ketika ujian akan lebih siap dan terbiasa dengan model soalnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, STAN tidak memungut uang kuliah selama mengikuti pendidikan. Oleh karena itu, melanjutkan pendidikan di STAN dapat menjadi alternatif terbaik disamping melanjutkan ke perguruan tinggi yang tentunya memungut biaya selama masa pendidikan.

Akan tetapi, tidak semuanya gratis. Menurut pengalaman, meskipun STAN tidak memungut bayaran, akan tetapi calon mahasiswa paling tidak harus mengeluarkan biaya untuk tempat tinggal (kost) yang berkisar antara Rp 2.500.000,- hingga yang paling mahal sekitar Rp 6.000.000,- per tahun. Selain tahunan, juga ada yang menerima pembayaran bulanan sekitar Rp 200.000,- hingga Rp 500.000,- per bulannya. Itu semua pun masih dapat di nego. Untuk urusan perut, harga makanan di sekitar kampus masih terjangkau. Mulai dari Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- untuk sekali makan masih tersedia banyak. Mungkin yang perlu diperhitungan dengan baik adalah biaya fotokopi dan rental komputer, serta rental internet. Terutama jika sedang banyak tugas kuliah. Rental internet paling murah sekitar Rp 3.000,- per jam-nya. Untuk fotokopi masih berkisar kurang lebih Rp 100,- per lembar tergantung jenis kertas. Untuk rental dan print mulai Rp 500,- per lembar.

Sekian infonya, semoga bermanfaat ya...
Bagi yang ingin mendaftarkan diri ataupun mendaftarkan sanak saudaranya, semoga sukses ya. Dan jangan lupa, tanpa berusaha, semua tak akan mungkin.


2 comments:

poniman said...

"...Besar kemungkinan jika tidak lulus tes tersebut maka tidak dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Departemen Keuangan..."

kalau begitu, apakah pemerintah tidak mengalami kerugian jika ada mahasiswa STAN yang tidak lulus ujian CPNS sedangkan kuliahnya dibiayai negara?

Rita said...

Thax tas infonya ya... Kebetulan lagi butuh informasi ini..:)