Thursday, July 10, 2008

Hemat Air Yuk

Sebuah slide informatif yang menceritakan kemungkinan yang akan terjadi di tahun 2070. Yang juga mengingatkan kita akan pentingnya penghematan air dalam rangka mengurangi dampak global warming yang sudah mulai kita rasakan sekarang...



Setelah melihat slide tersebut, tentunya kita harus sedini mungkin mulai melakukan penghematan air. Kurangi kebiasaan yang berakibat memboroskan penggunaan air. Air yang dihemat merupakan tabungan untuk masa depan anak cucu kita.

Berikut ini ada beberapa tips kecil berkaitan dengan penghematan air:

1. Jangan biarkan keran air mengalir kalau tidak dipakai. Kabarnya, air yang mengalir dari keran mencapai kira-kira 9 liter setiap menit nya.

2. Periksa pipa dan keran air secara teratur. Segera perbaiki bila ada yang bocor.

3. Sebaiknya cuci piring dengan baskom berisi air. Cara ini lebih hemat air ketimbang mencuci dengan air mengalir.

4. Cuci sayuran dan daging secara terpisah dalam wadah yang sudah diisi sebanyak kurang lebih 4 liter air. Anda boros air 15 kali lebih banyak bila melakukannya di bawah air yang mengalir.

5. Pakai lap dan seember air bila mencuci mobil. Jangan pakai selang air.

6. Tutup keran saat menyikat gigi. Hanya nyalakan air saat membasahi dan membilas sikat gigi serta berkumur.

7. Lebih baik mandi dengan shower yang disetel dengan daya pancur sedang ketimbang dengan gayung. Anda bisa hemat air sampai sepertiganya.

8. Bila mempunyai mesin cuci, masukan pakaian dengan memaksimalkan kapasitas mesin cuci tersebut. Ini membuat Anda menghemat air dan energi.

9. Gunakan air bekas yang mengalir dari mesin cuci untuk mencuci lantai.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang dapat dilakukan dalam menghemat penggunaan air. Jika kita selama ini merasa boros dalam penggunaan air, sebaiknya ingatlah "surat dari teman dari tahun 2070" diatas. Dan mulailah berhemat dari sekarang!

sumber: go green indonesia, suporter wwf

1 comments:

rerere said...

* tertunduk, merasa bersalah

gw paling ga bisa kalo mandi tapi air keran nggak ngalir.
mau kosong ato penuh, tetep pengennya ngalir terus, biar bunyi gemericik