Friday, July 11, 2008

Tips Menghadapi Pemadaman

JAKARTA,JUMAT - PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jakarta dan Tangerang, Jumat (11/7) ini, rencananya memulai pemadaman listrik secara bergiliran di wilayah Jakarta dan Tangerang. (Kompas.com)

Waduuu.. Kebetulan banget gua tinggal di Jakarta mepet Tangerang, dan otomatis tempat gua tinggal (kost) bakalan kena dampak pemadaman ini. Tapi untungnya setelah baca berita lebih lanjut, pemadaman itu cuma berlangsung pada hari kerja, Senin-Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu pemadaman ditiadakan. Hehehe..gak bisa bayangin aja kalo Sabtu ada pemadaman, pasti bakal kerepotan banget. Bisa-bisa gak mandi, bisa-bisa gak nonton tipi, gak ngecas Hape, gak dengerin musik, radio, dimana-mana kalo malem gelap. Kalo udah begini, kita (gua juga) baru tahu betapa pentingnya penghematan listrik. Tanpa listrik dalam sehari aja, atau bahkan dalam beberapa jam saja sudah merepotkan.

Tapi ya untungnya pemadaman itu gak berlangsung selama 24 jam penuh, tapi digilir dengan giliran pertama mulai jam 08.00-15.00 dan dilanjutkan giliran kedua mulai 15.00-22.00. Dari berita yang gua baca di Kompas.com, daerah-daerah yang bakal kena giliran pemadaman, antara lain:

Pukul 08.00-15.00 WIB : Jl. Kamal Muara, Kaw. Pergudangan Miami, Kp. Dadap, Tegal Alur Cengkareng dan sekitarnya, Jl. Juru Mudi, PT.Polyster, Kp.Rawa Bebek, Batu Ceper Tangerang dsk, Jl. Menceng Tegal Alur, Kp. Kbn Besar, Batu. Ceper, Kapuk, Kamal CKR dsk, Perum. Taman Kencana, Pergudangan Miami, Kapuk Kamal Cengkareng dsk, Villa Jombang, Villa Bintaro Indah, Jl. Rajawali Bintaro dsk, Jl. Raya Pd. Betung, Pesanggrahan, Ulu Jami, Bintaro, Kp. Utan Rempoa dsk.

Pukul 15.00-22.00 WIB : Jl. Grandvile Daan Mogot , Taman Sepatu, Taman Ratu dsk, Komp Bapenas, Jl Raya Tomang, Pulo Macan dan sekitarnya, Komp Binamarga, Jl Tanjung Duren dan sekitarnya, Mesjid Jami Al-Jihad Komp BDN Pesing, Kav Polri Jl. Jelambar Raya dsk, Apartemen Mediterania Tanjung Duren dan sekitarnya, Jl Kapuk Raya, Jl Kapuk Peternakan dsk, Kapuk Raya, Kapuk Cendana, Kapuk Utara dsk, Jl. Way Bessy, Tj. Duren Timur 2, Jl. Arjuna Selatan, Kemanggisan dsk, Jl. Anggrek 3 Kemanggisan, Tomang City, Jl. Yunus 3 Kby, Slipi, Kb Jeruk dsk, Jl. Taman Kedoya Baru, Jl. Raya Kedoya dan sekitarnya.

Dan untungnya lagi, pemadaman bergilir di daerah sekitar gua tinggal (lihat daerah yang dicetak miring dan tebal) "hanya" berlangsung dari jam 08.00-15.00, bukan giliran selanjutnya. Soalnya jam segitu biasanya gua udah ngantor, dan gak bakal ngerasain dampak pemadaman karena gua seharian di kantor sampe jam 17.00. Dan (semoga, kalo gak ada kesalahan teknis) ketika gua pulang ke kost (jam 18.00) seharusnya listrik udah nyala lagi. Cuma gua kasihan aja sama mereka yang tinggal di daerah yang kena giliran pemadaman jam 15.00-22.00. Ketika mereka pulang kerja, ternyata rumah mereka, kosan mereka, kontrakan mereka gelap gulita. Belum lagi persediaan air untuk mandi yang biasanya mengandalkan listrik hanya tersedia secukupnya. Meskipun "cuma" beberapa jam dari waktu pulang kerja, tapi menunggu hingga jam 22.00 lumayan lama lho. Dari yang biasanya menonton TV, entah itu berita hingga sinetron emak-emak dan Smallville harus siap merubah kebiasaan dengan menyalakan lilin atau lampu teplok dan cuma nunggu (Kalo kalian tahu ada kegiatan selama mati lampu yang bisa membunuh waktu, tell me ya..) hingga lampu menyala kembali. Mungkin aja jam 22.00 itu mereka baru bisa mandi.

Well, mencoba mengurangi dampak pemadaman 15.00-22.00 tersebut, kita bisa mencoba tips berikut:

1. Kalo kamu tinggal di kostan yang rame dan kamar mandinya harus berbagi, mendingan kamu mandi di kantor aja. berangkat kerja sekalian bawa handuk dan perlengkapan mandi, sekalian ganti (masa sih daleman gak ganti...iyuuuukh..!)

2. Buat yang gadget mania juga begitu, daripada resiko kehabisan batere pas di rumah, mendingan bawa tuh charger HP, Ipod, atau PM3 playermu ke kantor. Dan ketika bekerja, sekalian aja dicharge, biar kalo nunggu mati lampu pas udah pulang gak bosen lagi. Paling gak bisa main games hape, atau denger Mp3, atau Internetan via browser Hape. Daripada nunggu gak ada kerjaan?

3. Gak ada salahnya juga sepulang kantor mampir ke toko yang jual lilin. Siapa tahu orang rumah ternyata gak sedia lilin dan ketika harus mencari ke warung ternyata kehabisan stok. Sedia payung sebelum hujan, sedia lilin sebelum pemadaman...

4. ...(Isi sendiri kalo ada yang mau nambahin...)

Kalo udah begini ini, ternyata kita baru tahu ya pentingnya berhemat. Gak cuma listrik, tapi juga hemat air, hemat BBM juga. Sebab kalo kebiasaan yang bikin boros listrik, air, dan BBM diteruskan, gak cuma kantong kita yang bakal kena imbasnya, tapi juga masa depan anak cucu kita nanti. So, mulai berhemat dari sekarang gak ada salahnya, malah lebih baik kan?

0 comments: