Wednesday, September 10, 2008

Plurk!

Plurk. namanya plurk, maenan baru di internet yang sempet bikin gua jadi semakin sibuk antara bekerja dan nge-plurk. juga chat, juga donlot, juga uplot, juga denger MP3. aktivitas di depan kompi sekarang bukannya makin mudah, tapi malah makin sulit. lah kok? iya, maksudnya makin sulit buat meninggalkan kompi. apa iya gua udah kecanduan? sampe segitunyakah gua? hingga kadang notifikasi chat dari kucingkecil seringkali terlewatkan oleh mata karena terlalu asik mantengin tulisan yang berjejer miring yang dikenal dengan Plurk.

Emang plurk itu apaan si?

Plurk itu aselinya adalah layanan microblogging, yaitu layanan untuk ngeblog kecil-kecilan (halah, kaya dagang aja, kecil-kecilan). maksudnya blogging lewat plurk ini kita gak perlu mikir mau nulis apa. apapun bisa kita tulis. mau satu kata? satu kalimat? boleh. asal jangan satu paragraf. karena kapasitas plurk ini cuma 140 karakter. mirip sama SMS lah. kita kudu pinter menyampaikan apa yang pengin kita sampaikan dengan singkat, jelas, dan padat. tapi plurk ini tetep beda sama SMS. kalo SMS kita ngirim hanya kepada satu penerima pesan aja, tapi kalo di Plurk kita bisa menyampaikannya ke seluruh dunia.online.dan asiknya kita juga bisa menerima komen-komen secara online.bahkan kadangkala saking asiknya malah jadi kaya chatting.dan saking asyiknya kalo gak ati2 kerjaan bisa terlantar.

Mungkin karena Plurk itu sifatnya seperti jaringan sosial kali ya sehingga penyebarannya cepat meluas. padahal menurut yang gua baca-baca, plurk ini baru nongol Mei tahun ini.dan hebatnya selama dua bulan aja plurk udah dialihbahasakan ke dalam 20 bahasa dunia, termasuk Bahasa Indonesia.jadi kalo kamu pengen ganti bahasa jepang atau china, ada. karena bersifat seperti jaringan sosial, dimana kamu bisa nambah temen dengan meng-add mereka dan merekapun sebaliknya, maka plurk cepat tumbuh. hingga saking hebohnya, muncul juga layanan serupa aseli bikinan anak negeri, yaitu Kronologger yang mirip-mirip dengan plurk. selain plurk juga ada Twitter, layanan yang sejenis juga. hanya bedanya plurk dengan dua layanan tadi adalah timeline-nya bergerak horizontal menyamping, bukan vertikal ke bawah. dan tampilannya pun lebih menarik, tentunya dengan kemampuan kustomisasi profile dan emoticon, serta kemampuan sharing video dan gambar. dijamin, buat yang pertama kali mencoba pasti bakal penasaran terus dan terus dan terus plurking. semakin sering kamu plurking, semakin tinggi pula karma (sistem poin di plurk) dan koleksi emoticonnya pun semakin beragam.

tapi plurk tidak akan menarik jika tidak ada respon dari temen-temenmu.makanya usahakanlah membuat postingan yang menarik untuk dibahas, atau bisa juga bertanya mengenai sesuatu yang lagi in saat ini.semakin banyak yang merespon plurk kamu, semakin cepat pula karma naik.baiknya kalo nge-plurk ajakin temen sekantor sekalian, biar makin rame. cuma ya jangan sampe lupa kerjaan ya.bahaya kan kalo pas kerja ketahuan nge-plurk sama atasan.sukur-sukur kalo atasan merasa tertarik dan ikut-ikutan. kalo gak? ya tanggung sendiri deh.

penasaran ingin mencoba? klik aja plurk.com. dan kalo udah jangan lupa add gua yah, seperti biasa pake nick eskopidantipi. atau pengin lihat timeline gua, tinggal lirik ke sidebar kok.oiya, plurk juga bisa diakses secara mobile via HP dengan alamat plurk.com/m. bedanya dengan versi desktop adalah timeline vertikal, bukan horizontal menyamping.ngaksesnya bisa pake browser bawaan HP atau opera mini.

okd. see you on plurk!

*plurking juga bisa ningkatin traffic blogmu lho, coba deh*

2 comments:

ipied said...

ternyata posting plurk juga hahahahaha...dasar...

enak ya bisa via ponsel juga, aku juga mau tuh..tapi...hapeku support gak ya?harusnya bisa internet tapi kok...

ekspresi.hati said...

aku lom tahu caranya ngeplurk, ajarin dong