Sunday, January 18, 2009

Have You Go to Waterbom?


desember lalu, saya berkesempatan mampir ke Waterbom Pantai Indah Kapuk. tak tahan dirayu kucingkecil saya pun berusaha mencari info tempat wisata ini di internet. tarif, lokasi, dan tentu saja jalur menuju kesana. bagi yang bermobil tentunya akses menuju tempat ini sangat mudah, karena bisa lewat jalan tol. berhubung saya cuma mengendarai motor, yah terpaksa mencari jalur yang terpendek dan paling masuk akal. dengan modal peta digital dan hapalan jalan di kepala saya pun meniatkan berangkat ke sana.

dengan bermodalkan cuti, pagi itu saya pun berangkat. here we go...


dari Bintaro saya menuju arah pejompongan, dan setela itu lurus terus melalui Jalan Panjang hingga mentok di pertigaan tol Pluit (kalo ndak salah). dari situ saya ambil kanan, setelah melewati pom bensin Pertamina, masuk jalan gang yang cukup lebar di kiri jalan. lurus terus, pertigaan tetap lurus. hingga bertemu pertigaan ambil kiri masuk Jalan Kapuk Raya. kemudian lurus terus hingga bertemu pertigaan. sebagai informasi, saat saya melintas, terjadi banjir, entah kenapa sebabnya. padahal hari cerah. kemungkinan banjir tersebut karena luapan air sungai yang tak terbendung hingga meluap ke jalan. untungnya tidak terlalu tinggi, namun cukup membuat saya berdua basah di bagian kaki.

sesampai di pertigaan ambil arah kanan dan ikuti petunjuk jalan yang menuju ke Waterbom. tanpa pusing akhirnya saya berdua sampai. perjalanan dari Bintaro menuju Waterbom memakan waktu kurang lebih satu jam. memasuki areal parkir, saya sempat di buat bingung akan parkir dimana. ternyata ada sebagian kecil area parkir yang dibatasi dengan rantai sebagai tempat parkir khusus motor.

memasuki area Waterbom, pertama kali yang harus dilakukan adalah membayar. dua tiket masuk plus makan siang dan minum harus saya tebus dengan harga Rp 320.000,-. cukup mahal, bahkan menurut saya sangat amat mahal. bandingkan dengan wahana air lainnya, paling mahal sekitar 50 ribu hingga 100 ribu. oke, mungkin ada harga ada rupa. dan saya pun masuk antrian pemeriksaan tas. di kawasan ini, ada aturan pengunjung tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam. tas pun dibuka dan diperiksa isinya dengan teliti. bahkan pemeriksaan di mall pun kalah teliti. setelah lulus pemeriksaan kamipun masuk.

ternyata di bagian dalam, disediakan loker penyimpanan tas. tapi sistemnya menyewa. minimal kita harus deposit dulu Rp 100.000,-. sebagai tanda bukti, tangan saya diikatkan sebuah gelang yang terdapat chip di dalamnya sebagai alat transaksi bila ingin memesan makanan dan minuman maupun menyewa loker. saya pun menyewa loker ukuran kecil seharga 20 ribu.

selanjutnya saya menuju kamar ganti. jangan kaget jika ruangan kamar ganti hanya ada pembatas dan tidak tertutup. begitu masuk, tutup pintu, di bagian belakang tak ada dinding. pandangan langsung menuju taman. tapi tenang saja, tak kan ada yang melihat, kecuali ada petugas yang sedang merapikan tanaman.

oke, saatnya menceburkan diri...!

ada beberapa kolam yang patut dicoba:

1. aquatube



Terdiri dari tiga macam seluncuran; tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Tube (ban) akan meluncur sepanjang slide berbentuk tabung yang berkelok saling berpilin dan mendarat di kolam air.

kesan: awalnya mencoba teriak *masih norak*, selanjutnya biasa saja...

2. hairpin


Seluncuran terbuka berbentuk tusuk konde. Setelah start, tube akan berputar melingkar, meluncur ke bawah sepanjang lintasan bergelombang dan berakhir di kolam air. Peluncur menggunakan tube berukuran besar untuk 4 orang dan merasakan sensasi seperti berarung jeram di udara. Tube yang cukup berat akan dinaikkan menggunakan ban berjalan.

kesan: terkesan biasa, lintasan kurang panjang dan kurang lama. kurang seru kalo hanya berdua apalagi sendiri.

3. speed slide



Dua seluncuran tercepat di Waterbom Jakarta. Seluncuran pertama, setelah start peluncur menukik cepat melewati lintasan dengan 2 gelombang dan berakhir di trek lurus. Seluncuran kedua, peluncur berputar dua kali setelah start, berbelok dan meluncur turun dengan cepat di trek lurus.

kesan: lintasan paling mantap dan memacu adrenalin. sangat amat tidak disarankan buat yang berpotensi punya penyakit jantung.

4. the whizzard



Seluncuran kembar sejajar dengan lintasan berbentuk terowongan, berbelok sekali, turun bergelombang dan berhenti di lintasan terbuka. Peluncur menggunakan mat (matras) sebagai alat untuk meluncur.

kesan: lintasan paling nyaman dan nyaman, karena memakai matras dan pandangan bisa langsung ke depan. sekali mencoba bakal ketagihan.

note:
estimasi biaya untuk dua orang:
tiket masuk @Rp 160.000,- total Rp 320.000,-
deposit loker, makanan, dan minuman min. Rp 100.000,-
transport (motor, pertamax) Rp. 20.000,-
supaya aman, siapkan minimal Rp 500.000,- (mending nabung dulu, daripada kaget)

sekian reviewnya, semoga bermanfaat buat yang belum pernah kesana dan merencanakan akan kesana.


NB: foto kolam seluncuran dipinjam dari www.waterbom.com

7 comments:

kacrut said...

wah.. pertamax yah..

hehehhe..

mahal amat yah..!!

gila ajah..

mending dugeman ajah sekalian.. ajojing getoo..!!


hahahhahahha

untung disini kagak ada yg gituan yah.. (maksudnya??)

rerere said...

wuaaaw.. mahal amat masuknya ...

lebih mahal dari ke dufan..

mungkin karena waterboomnya terletak di jalur kepala naga nya pantai indah kapuk

*harga naik besok

jUnE0u said...

walah dikira yg foto situ trnyata bukan yah..hehehe
di Banjarmasin baru buka tapi kecil bgt, masih dikit wahananya..

coba baca http://lelakibahagia.blogspot.com/2009/01/nice-weekend-geminers.html

slm kenal!

tedy said...

@kacrut : yah sekali setahun gapapa... bis itu enggak lagi deh :P

tedy said...

@rerere: iyah, makanya nabung dulu...coba yah beli tiket dapet undian rumah.

hubungi segera, harga naik besok... (lol)

tedy said...

@juneou: foto saya yang pertama doang, sebenarnya banyak sih foto2nya cuma ada saya ma istri, jadi gak enak kalo dipublikasiin...heheheh...

okede, saya akan mampir kesana :)

ipied said...

kalo gak bisa berenang main ke situ gimana ya??

heheh berasa takut kelelep kalo habis meluncur....