Wednesday, March 25, 2009

Review: Layanan Citi Trans

Bagi yang hobi melancong, menghabiskan duit berbelanja ke FO maupun distro di Bandung, tentu tak asing lagi dengan moda transportasi darat ini. travel. dengan travel, perjalanan ke Bandung bisa semakin cepat dan mudah. cukup telepon, pesan keberangkatan, bayar saat datang, berangkat. tidak perlu lagi menggerutu dalam bus jurusan Bandung yang hobinya ngetem di terminal, pun tidak perlu lagi repot-repot ke stasiun. sebab biasanya setiap travel ini mempunyai pool yang tersebar di daerah-daerah tertentu.

terlebih lagi saya, yang bisa dipastikan setiap minggu ke Bandung. bukan karena saya hobi belanja atau apa, tapi lebih karena alasan bertemu isteri (kucingkecil). dan untuk alasan inilah, saya mempunyai langganan travel tersendiri. yaitu Citi Trans


berbeda dengan layanan travel yang telah ada sebelumnya, layanan Citi Trans ini menawarkan sistem point to point. artinya setiap penumpang hanya naik dan turun di pool resmi Citi Trans, bukan antar-jemput. dengan sistem seperti ini, tentunya akan memperpendek waktu tempuh, sehingga perjalanan akan jauh lebih cepat.

meskipun pesaing makin banyak, menawarkan sistem point to point yang serupa, saya tetap memilih Citi Trans dibandingkan travel lain. alasannya karena letak pool yang dekat dengan kost-an di Bintaro, juga dekat dengan kost-an isteri di Bandung. saya hanya perlu berjalan kaki. selain itu, travel ini memiliki layanan personal seat (kursi pribadi) sehingga lebih nyaman. tak perlu kuatir saat tertidur kepala menempel pada bahu penumpang lain. oleh karena itu, jumlah penumpang hanya dibatasi tujuh penumpang, dan satu driver. satu penumpang di kursi depan, dan enam sisanya di kursi kabin belakang. tak hanya itu, di setiap seat tersedia personal head set untuk mendengarkan musik dari radio atau MP3 yang diputar driver (meskipun layanan ini akhirnya hilang dengan sendirinya).

ok, layanan di atas sebenarnya tersedia pula di travel lain.

satu lagi layanan tambahan Citi Trans yang memudahkan namun juga sekaligus mengesalkan. yaitu layanan pemesanan secara on-line. memudahkan karena tak perduli anda berada di Jakarta atau di Bandung, anda bisa memesan keberangkatan melalui telepon, karena sistem pemesanan mereka telah tersambung secara on-line antar pool. anda yang sedang berada di Bandung tetap bisa memesan keberangkatan dari Jakarta, begitu pula sebaliknya.

karena jumlah pool mereka yang bertambah banyak, awalnya mereka mempunyai satu nomor telepon untuk setiap pool. satu nomor untuk pool Bintaro, satu untuk pool Fatmawati, satu untuk pool SCBD-Sudirman, satu untuk pool Kelapa Gading, dan satu nomor pusat untuk pool utama Bandung. belakangan, demi kemudahan, akhirnya mereka membuat call center terpusat, satu di Bandung (022-2533700), dan satu di Jakarta (021-45867111). selain karena dukungan on-line system yang mereka punya, juga untuk memantau serta memudahkan penumpang dalam melakukan pemesanan.

akan tetapi hal ini ternyata seringkali menyulitkan. terutama saat menghubungi call center Jakarta. butuh kesabaran ekstra untuk menelpon. seperti yang sering saya alami. ketika saya menelpon call center untuk keberangkatan dari Bintaro, seringkali tidak diangkat. dan hal itu tidak hanya terjadi sekali, tapi berulangkali. untungnya saya masih mempunyai nomor telepon pool Bintaro. hingga seringkali saya malah menghubungi nomor bintaro jika tidak diangkat. itupun tergantung keberuntungan, jika yang mengangkat petugas yang sudah kenal, biasanya saya diperbolehkan memesan. tapi jika tidak kenal malah disuruh telepon kembali ke call center. parahnya lagi, sekarang call center pun dilengkapi fitur auto answer. mau tak mau otomatis setiap menelpon pasti keluar pulsa karena sudah tersambung. sedangkan diangkat pun belum tentu. dan hal itu bisa terjadi berkali-kali. persis saat kita menelepon customer service operator telepon seluler. sudah capek-capek menelpon, tidak diangkat pula. satu dua kali mungkin hal biasa, tapi ini biasanya terjadi berkali-kali.

meskipun layanan lain cukup bagus, akan tetapi kenapa untuk layanan front desk yang langsung terhubung dengan konsumen masih terasa kurang diperhatikan. hal ini sekali lagi bertentangan dengan prinsip awal, kemudahan dan ketepatan waktu. di satu sisi mekanisme pemesanan semakin mudah dipantau (dari sisi citi trans) dan penumpang dimudahkan karena hanya perlu mengingat satu nomor saja. akan tetapi dengan adanya kesulitan saat melakukan pemesanan, bisa jadi akan mengganggu jadwal si penumpang. seharusnya sudah memesan untuk 3 hari ke depan, ternyata malah tidak bisa memesan karena petugas di call center tidak ada yang mengangkat. dan ketika memesan secara langsung ternyata kursi sudah di booking oleh penumpang lain.

yah semoga kedepannya hal seperti ini dapat diperbaiki. sebab bagaimanapun juga penumpang butuh kenyamanan, kemudahan, dan ketepatan waktu. dan untuk itulah mereka mau membayar lebih.

*)ditulis saat kecewa sulit menghubungi call center Jakarta dan akhirnya pesanan Bintaro ke Bandung pun didapat setelah minta tolong kucingkecil menelpon langsung ke call center Bandung...

12 comments:

jUnE0u said...

jadi marketing City Trans nih..
hohohohhohoooo

Meidy said...

dpt fee brapa nih dari citi trans? hehehe.. tp bermanfaat bgt kok infonya, klo dari bandara cengkareng ada ga ya? jwb di blogku aja yah.. thx be4.

tedy said...

@Juneou: bukan uy, ini posting curcol stelah bete mu pesen telp kagak diangkat..cek aja di plurk :P

tedy said...

@meidy: gak dapet fee, cuma curcol... kalo dari bandara cengkareng ke bintaro cuma ada Xtrans...kalo yg ke Bandung mah banyak..

kopisusu said...

Nunggu ada pool di Rawamangun, baru maen-maen ke Bandung deh :D

namakuthony said...

bener nih bener bangettttttttt...
susah banget nelp... itu di kelapa gading call centrenya, dan disana sepi suka gak ada orang. Masih banyakan yang di fatmawati.

Apa karena gak ada penumpang jadi mereka gak ada kerjaan dan pada gak ada orang, dan gak mau angkat telp...

udah kena pulsa klo nelp pake answering machine, terus gak diangkat lagi...

tolong donk citi trans di perbaiki servicenya.

LL said...

yow..yow.. (thinking) nitip @kuckec jg klo mo bdg (evil_grin)

ardy said...

hehehe...setujuuuu....
cititrans the besst traveeel.....

ga rugiii naek cititrans boz...

Anonymous said...

city trans buka lowongan sebagai driver...? kemana saya harus ngajukan surat lamaran? tolong dong konfirmasikan ke email saya avi_nazar@yahoo.com

tedy said...

@anonymous: coba cek www.cititrans.co.id mas...

maaf saya kurang tau infonya :)

halimz123 said...

cititrans parah terlambatnya, saya naik premium shuttle cititrans, berangkat dari dipati ukur ke kuningan, terlambat 45 menit!!!!!!!!! tanpa ada ganti rugi. Pool tidak bisa beri keputusan apa-apa, telepon Call centernya pun sia-sia. Cititrans, pelopor travel terlambat dan tidak bertanggung jawab.

halimz123 said...

cititrans parah terlambatnya, saya naik premium shuttle cititrans, berangkat dari dipati ukur ke kuningan, terlambat 45 menit!!!!!!!!! tanpa ada ganti rugi. Pool tidak bisa beri keputusan apa-apa, telepon Call centernya pun sia-sia. Cititrans, pelopor travel terlambat dan tidak bertanggung jawab.