Saturday, May 30, 2009

Terminator Salvation


kisah film ini diawali pada tahun 2003, dimana seorang napi bernama Marcus Wright dieksekusi mati karena telah melakukan kejahatan pembunuhan. sebelum dieksekusi, Marcus diminta menandatangani sebuah proyek sains yang akan menggunakan tubuhnya.

kisah pun bergulir pada tahun 2018, dimana terjadi perang sengit antara manusia dengan mesin yang dikontrol Skynet. saat itu sebagian besar manusia telah dimusnahkan dengan nuklir. sebagian kecil yang selamat membentuk pergerakan pemberontak, dipimpin oleh John Connor. John Connor dipercaya sebagai juru selamat yang mampu menghancurkan pasukan mesin dan membawa kemenangan bagi umat manusia. hingga pada satu misi, hanya John Connor yang selamat. tanpa disadari, misi yang membunuh semua anak buahnya teryata membangkitkan kembali Marcus.


sementara John Connor kembali ke markas dan menganalisa data yang diperoleh dari misi tersebut, Marcus yang bingung berjalan terus hingga masuk ke kota Los Angeles. saat itu LA sudah porak poranda. akhirnya di LA, Marcus bertemu dengan Kyle Reese, ayah John Connor saat masih remaja yang juga merupakan target utama pembunuhan oleh pasukan mesin. karena pasukan mesin beranggapan jika Kyle Reese mati, sejarah akan berubah. John Connor tak kan pernah ada dan pasukan pemberontak tidak ada yang memimpin sehingga pasukan mesin akan menang. sayangnya keberadaan Kyle terlacak oleh pasukan mesin hingga terjadi aksi kejar mengejar antara mereka dengan pasukan mesin yang canggih dan tak kenal ampun. malangnya, Kyle tertangkap oleh pasukan mesin. Marcus pun berusaha menyelamatkannnya.

di tengah usaha penyelamatan Kyle, Marcus bertemu dengan Blair, seorang pilot wanita yang tergabung dalam pasukan John Connor. Marcus pun ikut dalam perjalanan kembali ke markas bersama Blair. saat inilah baru diketahui siapa sebenarnya Marcus. ternyata Marcus adalah proyek Cyborg (separuh mesin dan separuh manusia) yang dibuat oleh pasukan mesin. hal ini baru diketahui pasukan pemberontak saat Marcus terkena ranjau logam saat menuju markas. Marcus pun ditahan dan diinterogasi. hingga akhirnya Blair yang merasa bahwa Marcus adalah teman, membebaskannya. terjadilah kejar mengejar antara pasukan pemberontak mengejar Marcus dan Blair yang mencoba kabur. sayangnya aksi ini terlacak oleh Hydrobot (robot pasukan mesin yang beroperasi di dalam air). saat John Connor terpojok, Marcus pun muncul dan menyelamatkannya. hingga terjadilah kesepakatan bahwa Marcus akan membawa John Connor menuju pusat sentral Skynet untuk membebaskan Kyle, ayahnya. John pun sepakat dan membiarkan Marcus pergi.

selanjutnya dengan bantuan Marcus, John Connor berhasil menyusup ke pusat sentral Skynet dan berusaha membebaskan Kyle beserta tawanan manusia lainnya. tak disangka, ternyata penyusupan John Connor telah diketahui oleh Skynet dengan memanfaatkan Marcus sebagai agen mesin penyusup yang tidak disadari oleh Marcus. saat sadar bahwa dirinya diperalat untuk menjebak John Connor, Marcus pun marah dan berusaha menyelamatkan John Connor yang saat itu sedang terdesak melawan robot Terminator versi terbaru, T-800.

setelah melalui pertempuran yang sengit, akhirnya mereka mampu mengalahkan T-800 dan menghancurkan pusat kontrol Skynet, meski untuk itu John Connor sekarat karena luka tusuk di jantung . saat terakhir tiba, Marcus pun menawarkan mendonorkan jantungnya, satu-satunya organ tubuh manusia yang masih dimilikinya, pada John Connor agar ia bisa hidup dan memimpin pemberontakan.

-------------------------------------------------------------

secara keseluruhan, film ini cukup seru untuk ditonton. terutama bagi mereka yang menyukai film action dan penyuka ketegangan. aksi yang ditampilkan cukup dahsyat, mulai dari ledakan-ledakan bom hingga robot-robot pasukan mesin yang beraneka ragam. beberapa hal yang cukup menarik antara lain adalah kehadiran sosok Arnold Scwarzhenegger yang memerankan T-800, meski dengan keadaan body yang jauh berbeda. FYI, Arnold sekarang telah menjadi Gubernur di salah satu negara bagian Amerika yang tentu saja, bodynya sudah tidak seperkasa dulu saat berperan dalam sekuel Terminator sebelumnya.

bagi mereka yang telah menyaksikan sekuel Terminator sebelumnya tentu tidak akan kesulitan mengikuti alur cerita yang ditawarkan di film ini. tapi bagi yang baru pertama kali menontonnya, mungkin akan cukup bingung dan bertanya-tanya mengapa Kyle, yang merupakan ayah John Connor saat masih muda, bisa bertemu dalam satu jangka waktu yang sama. jawabannya dapat diketahui melalui sekuel Terminator sebelumnya. selain itu ada hal yang cukup ganjil di film ini, yaitu mengenai target nomor satu pembunuhan, Kyle Reese. jika tujuan Skynet adalah mengubah sejarah dengan membunuh Kyle agar John Connor tidak pernah terlahir, kenapa saat Kyle ditangkap tidak segera dibunuh saja? bukankah jika Kyle langsung dibunuh saat itu juga, Skynet akan menang?

overall menurut saya, film ini layak ditonton dengan skor 7,5/10. lumayan sebagai pemanas sebelum Transformer 2: Revenge of the Fallen tayang di bioskop.

place : CiWalk XXI
tickets: 25,000 IDR
images : Google

2 comments:

mierz said...

aw, pingin nonton tapi gada teman, ciann deyh gw :(

kips said...

Pengen nonton Transformer 2 euy :-D