Friday, October 16, 2009

Mahanagari

Awalnya saya kira Dagadu cuma ada di Jogja saja. Ternyata di Bandung juga ada. Tapi Dagadu di Bandung ini beda. Jelas beda merk, juga beda desain.

Dagadu Bandung ini namanya Mahanagari...

Weekend itu, tak sengaja saya menemukan sebuah konter kecil di sudut Bandung Indah Plaza. Tepatnya di lantai 2. Sebuah konter kecil bertuliskan Bandung Pisan, Mahanagari. Ternyata itu adalah konter penjualan kaos khas Bandung dengan brand Mahanagari. Refleks otak saya awalnya berpikir kaos ini brand dari Padang, tapi ternyata malah asli Bandung :D.

Sesuai dengan tag linenya, Bandung Pisan, Mahanagari secara khusus memiliki tujuan untuk mengkampanyekan budaya Bandung. Mulai dari tempat-tempat yang seru untuk dijelajahi, makanan yang harus dicoba, sejarah yang harus diketahui, dan cerita-cerita menarik lain. Tentunya kampanye ini tidak dengan berkonvoi memacetkan jalanan seperti saat kampanye Pemilu, melainkan melalui desain yang mereka tawarkan dalam bentuk kaos dan aksesori-aksesori lain (pin, tas, miniatur, dll).

Beberapa desain yang cukup menarik untuk dikoleksi, antara lain:

kebanyakan jajan makanan di Bandung


Persib vs MU


jalur angkot


F=V=P


digesting Bandung

Selain menjual melalui konter di mall (Ciwalk dan BIP), Mahanagari juga menjual secara online melalui internet. Cukup klik mahanagari.com, kita bisa langsung melihat desain sekaligus melakukan pemesanan. Untuk harga, kaos Mahanagari dibandrol Rp 75.000, - hingga Rp 80.000,-. Oh iya, untuk setiap pembelian kaos, Mahanagari tidak menggunakan plastik pembungkus, melainkan menggantinya dengan kertas kotak tebal yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan file kertas. Sebuah terobosan yang menarik, terutama untuk mengurangi penggunaan plastik yang notabene tidak ramah lingkungan.

Dengan adanya Mahanagari, tentunya bisa menjadi alternatif lain belanja di Bandung selain harus pergi ke FO ataupun ke distro. Pun bisa menjadi alternatif oleh-oleh buat kerabat yang menarik.

Bagaimana? Siap mengkampanyekan Bandung?

PS: gambar desain kaos dipinjam dari http://www.mahanagari.com/

21 comments:

tikapinkhana said...

:(( pengennnnnnnn, eh itu katanya bagus buat oleh-oleh mau dong dikasih oleh-oleh itu dari keluarga bebek

dhodie said...

masih nggak terima kalo Persib vs MU 3-0 (doh)

Bagus infonya gan... thanks a lot (rock)

morishige said...

saya pernah lihat yang baju MU vs Persib 0:3 itu di ciwalk.

baju2 lain Mahanagari juga bagus.

berarti hampir setiap kota punya ya? jogja punya dagadu, bandung mahanagari, surabaya punya cakcuk, bali punya joger.. :D

Iman said...

Eiiittt dah ... kreatif banget ya. Kemarin ke Ciwalk tapi nggak sempat liat-liat.

Emang hari gini memang jualan harus beda. Salut deh sama ide dan inovasinya.

Nais info nih, ngasih pencerahan. Tengs Gan (worship)

Fenty Fahmi said...

Pernah dapet dari kakakku waktu dari Bandung, waktu itu gak dapet yang lucu2 kaya' gini ... jadi pengen hunting ^^
Salut buat bungkusnya yang keren :D

bluethunderheart said...

wah.....bandung mang mantab'e
kunjungan perdana
salam hangat selalu

kips said...

Jalan2 terus euy. Oya... tuh award-nya dah dimasukin kali mau nerima :-D

amri said...

horeee, persib vs MU 3-0 *lirik dhodie*
any way, bungkus gan

udinnya-dyra said...

pernah liat tapi blom pernah mendekat. hehehehe...

lilliperry said...

boleh juga nih, kalo nanti ke bandung bisa buat oleh2 :D
thank infonya, salam kenal :)

eskopidantipi said...

@semua, iya lumayan kan desainnya unik...

ayo dukung produk dalam negeri!

nengbiker said...

kok ngga ngoleh2in aku siiih?

ernut said...

jadi pingin mampir ke sana..

kopisusu said...

Wah wah, lagi tren-nya temen temen pada jalan jalan ke Bandung yaks :D

Btw, bebek cantik sama bebek ganteng kemana yaks, kok lama ndak nongol ?

Eh, anuw kopsus dan pindahan ke kopisusu.org lhooooooooooooo :D

cipu said...

Ted, gua suka yang tulisannya: SIapa bilang orang bandung gak bisa SEBUT F, itu PITNAH :)

Hibah Sejuta Buku said...

wow.... kreatif.... menginpitasikan saya.. untuk mbuat hal serupa mperkenlakan kota saya....
siip.. deeh.. salam kenal mas..

indra said...

waw, saya baru denger ada outlet yang jual karya kreatif seperti ini di bandung.
Bertambah lagi daftar tempat yang harus dikunjungi di bandung

Mahanagari said...

eskopidantipi, ehemmm, terima kasih ya untuk tulisannya :D hehehe sip!

kopisusucoklat said...

thanks sob tukar link, linknya uda terpasang

andi wirawan said...

gimana cara pesannya soalnya saya surabaya

obat miom said...

keren kang kreatif